http://lenteraku.wagomu.id/ › Lenteraku  › Artikel 2019-10-28

2019/10/29

Artikel 2019-10-28

UNICEF Indonesia merupakan salah satu dari 190 kantor Dana Anak-anak dibawah PBB . Sebagai salah satu kantor UNICEF pertama yang didirikan di Asia, UNICEF Indonesia telah berdiri sejak tahun 1948 untuk menegakkan hak-hak anak di Indonesia, termasuk hak mereka atas pendidikan, perawatan kesehatan dan perlindungan dari penyalahgunaan dan eksploitasi. Ini juga mengadvokasi perubahan politik dalam mendukung anak-anak, dan bekerja dengan organisasi mitra dari sektor publik, amal dan swasta, untuk melakukan perubahan. Dikutip dari Sejarah Terbentuknya UNICEF.



UNICEF didirikan pada tahun 1946 untuk menyediakan makanan, pakaian, dan perawatan kesehatan bagi anak-anak di Eropa setelah Perang Dunia Kedua. Pada tahun 1953, Majelis Umum PBB memperpanjang mandat UNICEF tanpa batas waktu dan pada tahun 1989 ia mengadopsi Konvensi PBB tentang Hak-hak Anak (CRC), yang sejak itu menjadi perjanjian hak asasi manusia yang paling banyak diadopsi dalam sejarah. CRC sekarang mendukung kerja UNICEF di seluruh dunia, termasuk di Indonesia, dan mendefinisikan hak-hak anak untuk perlindungan, pendidikan, perawatan kesehatan dan gizi, sanitasi air dan kebersihan yang memungkinkan anak-anak untuk bertahan hidup dan berkembang.

Tujuan UNICEF Indonesia untuk 2010 - 2015 bekerja dengan pemerintah dan pusat penelitian akademik dan mitra lainnya untuk membantu membentuk kebijakan ramah anak dan belanja sosial publik yang lebih efektif yang akan menjangkau jutaan anak dan mengurangi kesenjangan.

UNICEF Indonesia dengan bantuan donasi Unicef dan relawan juga membantu membangun kapasitas lembaga-lembaga pemerintah untuk menawarkan layanan kesehatan dasar, pendidikan, perlindungan anak sehingga meningkatkan akses bagi individu dan keluarga.

Bidang kerja utama UNICEF Indonesia akan mencakup:

Advokasi Kebijakan dan Kemitraan untuk Anak-anak

Berfokus pada kebijakan sosial, penganggaran, perlindungan sosial, advokasi berbasis bukti, manajemen pengetahuan, komunikasi untuk pengembangan, hubungan media dan penggalangan dana serta kemitraan sektor swasta.

Pengembangan dan Kelangsungan Hidup Anak

Memberikan dukungan strategis dan bantuan teknis untuk meningkatkan kebijakan, akses dan penyerapan layanan melalui sistem kesehatan khususnya jaringan posyandu (pos kesehatan terpadu). Ini bertujuan untuk meningkatkan air dan sanitasi untuk anak-anak dan perempuan miskin dan rentan; mengembangkan kapasitas dalam sumber daya manusia kesehatan, khususnya di daerah miskin terpencil; meningkatkan sistem informasi kesehatan, pemantauan dan evaluasi; mendokumentasikan pelajaran yang diperoleh untuk meningkatkan tata kelola, layanan, dan alokasi sumber daya.

Pendidikan dan Pengembangan Remaja

Untuk memastikan anak-anak dan remaja, terutama populasi yang rentan, dilengkapi dengan pengetahuan yang memadai, pendidikan dasar dan keterampilan hidup untuk mengatasi tantangan dan peluang seperti memerangi HIV dan AIDS. Ini juga bertujuan untuk meningkatkan kapasitas pemerintah dan organisasi berbasis masyarakat di tingkat nasional dan daerah untuk melaksanakan pengembangan anak usia dini yang holistik; memperkuat undang-undang dan meningkatkan alokasi anggaran untuk mencapai kesiapan sekolah untuk anak-anak di bawah 7 tahun dan meningkatkan rencana kesiapsiagaan sektor pendidikan dan memperkuat kapasitas pemerintah dan organisasi masyarakat sipil untuk menanggapi bencana dan keadaan darurat.

Perlindungan Anak

Menekankan pembangunan sistem perlindungan anak yang komprehensif di tingkat nasional dan daerah. Prioritas termasuk sistem pemberian layanan yang diperkuat di tingkat nasional dan daerah; mempromosikan perawatan berbasis keluarga; mengembangkan sistem keadilan sensitif anak dan mempromosikan keadilan restoratif untuk pelanggar anak. UNICEF terus membantu pemerintah untuk melakukan pencatatan kelahiran universal.

Donasi akan membantu memperbaiki kehidupan anak-anak di seluruh Indonesia. Anda dapat menyalurkan bantuan ke UNICEF melalui ONLINE atau langsung melalui rekening BCA, Bank Mandiri, BNI, Standard Chartered Bank atas nama UNICEF

Untuk cara berhenti donasi Unicef para donatur bisa menghubungi Layanan donator (021) 8066 2100 pada jam operasional kantor atau email ke E-mail ids.donorlove@unicef.org



Tag :unicef


Posted by Lentera at 01:00¦Comments(0)
Silahkan masukan huruf yang tertulis pada gambar di atas dengan benar.
 

Isi tulisan akan diterbitkan dan hanya pemilik blog yang dapat menghapusnya.

削除
Artikel 2019-10-28
    Komentar(0)